this is about chai's world

amazing holiday *part2*

Jam 3 sore , aku msuk ke kawasan GBK . dan saat msuk stadionnya , aku langsung melongo mbentuk O segede donat . gede bangeeeet . Kanjuruhan mah gak ada apa – apanya . dan yang lebih mengagetkan lagi , uda 30% kursi keisi , teurtama di bagian tengah ( atasnya VVIP) . masih 2 jam lagi . aku msih sibuk ngliat ngliat stadion terbesar di Indonesia ini . kruyuuuuuk ~ perutku mulai protes gara gara dri tdi siang belum diisi . sreeeet , pedagang nasi kuning menjajakan nasi kuning yang nggak tahu kenapa keliatan nikmat banget di depanku . gak pke banyak bacot , langsung aku panggil tuh si penjual . dengan kecepatan cahaya , 1 bungkus nasi kuning sudah menghilang dri tmpatnya sbenernya mau mkan plastiknya juga , tapi sungkan :p

Jam 5 sore , sudah lebih dri 50% kursi terisi . aku yang dri tdi pindah pindah tempat duduk akhirnya mnemukan tempat yang pewe . lha dri tdi banyak banget orang ngrokok . yang ada pas pulang kena kanker kan gak lucu juga . dapet tempat strategis di atas VVIP . masih ada juga sih orang ngrokok , cuman gak seedan tadi . aku mendengarkan mas – mas yang duduk di atasku ngomong tentang AREMA . otomatis aku noleh lah . ayahku langsung tanya , apa mreka AREMANIA asli . ternyata palsu ! mereka adalah Jakmania yang ngefans sama AREMA dan ngaku sebagai AREMANIA . dan dengan bangga , aku dan ayahku mengatakan klo kita adalah AREMANIA ASLI 100% murni , gak pke bahan pengawet , pmanis , atau pewarna wezz ! dan hebatnya , mas – mas yang awalnya rada’ gak sopan dan prokok gila menjadi lbih sopan sma aku dan keluargaku . ckckck , itu menunjukkan klo emang AREMANIA adalah supporter yang punya reputasi bagus di Indonesia .

Nggak lama sebelum laga dimulai , ada beberapa rombongan cwo dteng dan ndesel – ndesel maksa duduk . aku cemberut . uda tau laga final , dateng kok mepet ! akhirnya rombongan itu terpecah , setengah di kanan keluargaku dan stengah lagi di kiri. Jadi berasa punya bodyguard , dilindungi gtu , gratis pula . pas aku dengerin , ternyata mereka adalah Viking dri Bandung . pas aku noleh , aku terkaget . ternyata mas – mas rombongan itu cakep – cakep ! aku langsung mempertajam pendengaran lagi . emang iya ! Viking kan ngomongnya khas banget . membuktikan deh , klo emang even AFC ini menyatukan Indonesia . buktinya , AREMANIA yang notabene adalah msuh Viking nyatanya klo gni bsa bersatu juga . sejak nyadar klo mas itu ganteng , aku sering – sering noleh ke kanan , cz yang di kiri yang jelek , smpe kyaknya kepalaku nggak bsa ngadep dpan lagi , hahaha .

Skitar jam 6 , anggota Timnas Indonesia keluar untuk melakukan pemanasan . awalnya 3 kiper yang keluar, Markus , Ferry dan Mega . spontan smua seisi stadion bernyanyi – nyanyi sperti kesetanan . dan saking hebohnya , stadion GBK brasa hampir rubuh . tempat aku berdiri aja uda bergetar gtu dan langsung kebayang kejadian stadion rubuh Tuhan aku belum UNAS ! jangan ambil nyawaku ! TT nyanyian smakin menggila saat smua anggota Timnas Indonesia keluar . smua penonton mulai berdiri , smpai aku juga hrus berdiri biar bsa ngliat jelas apa yang terjadi di lapangan . slayer dimainkan dan terompet ditiup untuk menyemangati Timnas Indonesia yang sebelumnya kalah di Malaysia . gerakan wave memutari stadion dan bendera besar merah putih milik Indonesia yang digerakkan oleh penonton juga tak kalah seru dengan nyanyian penuh semangat. dan tiba – tiba semua penonton berteriak BUUUUUUUU ~ saat Timnas Malasyia masuk lapangan untuk melakukan pemanasan . pemanasan mereka tidak berlangsung lama , hanya sekitar 20 mnit kayaknya tkut mati dilempari penonton sbelum bertanding . dan itupun siapa juga mau merhatikan mereka ? sekarang smua mata cuman tertuju ke Timnas Indonesia yang sedang pemanasan .

Dan akhirnya ke 2 tim masuk ke lapangan untuk bertanding . dan sontak sorakan lebih heboh daripada saat pemanasan tadi . nyanyian lebih keras , slayer lebih semangat diputar – putar , teriakan semakin gila dan stadion bergetar lebih hebat . saat lagu Indonesia Raya berkumandang , smua penonton dengan semangat ikut menyanyikan walau salah tempo , nada , irama , ketukan , atau apalah , Pak Iip yang tahu sambil berdiri . saat itu , sekali selama seumur hidupku , AKU BANGGA JADI ORANG INDONESIA . selama ini aku nggak pernah bangga jadi orang Indonesia yang terlalu banyak masalah . korupsi , bentrokan antar warga , pendidikan terbelakang , ekonomi lemah , dan pencurian budaya . apa yang bsa aku banggakan dri Indonesia ? tapi pas itu , saat smua orang berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan semangat , aku tahu SEBENERNYA INDONESIA BISA MAJU ! sebenernya Indonesia punya masyarakat yang menghargai , cuman , mereka nggak bisa menunjukkan caranya gimana untuk menghargai atau menolak sesuatu . makanya banyak kerusuhan , itu karena mereka nggak tahu gimana lagi menyampaikan dan menolak sesuatu .

45 menit pertama mengecewakan . mas – mas Viking smpe mulai ngrokok gara – gara stress . bahkan saat istirahat , salah satu diantara mereka ada yang nangis ! gilaaaaaaa ~ dan saat 45 mnit kedua , tepatnya saat gol , seluruh isi stadion berteriak , berdiri , melompat dan tak henti – hentinya bersorak . penonton semakin semangat menyanyi agar semangat dari berribu – ribu penonton bisa smpe ke 11 pemain di lapangan . dan saat gol ke 2 , aku juga tak bisa menahan diri untuk diam . walau semua tahu Indonesia jelas tidak mungkin memegang piala AFC , tapi isi semua hati penonton sama . mereka sangat bangga dengan penampilan Timnas yang setidaknya sudah memberi perlawanan kuat dengan hasil 2-1 .

Pertandingan belum berakhir saat ORTU ku akhirnya menyeretku untuk pulang . aku dengan pasrah manut saja , karena aku tahu mereka hanya takut akan terjadi apa – apa jika aku keluar bersamaan dengan usainya pertandingan . dan benar saja , saat aku sudah di depan Hotel Mulia , smua sepeda motor keluar dan jalanan macet total . aku sangat beruntung bisa mendapatkan penginapan yang hanya tinggal berjalan . saat aku masuk kamar , dari atas kulihat sepanjang Senayan lampu – lampu kendaraan yang menyala tidak bisa bergerak . aku yang sudah kelelahan akhirnya tertidur dengan pikiran akhirnya aku bisa merasakan kebanggaan menjadi orang Indonesia😀

Tinggalkan Balasan

